Dari Sabtu malam hingga Minggu pagi, Aquarium mempekerjakan 629 orang dalam enam operasi terpisah, kata MSF dan SOS di Twitter. Kapal itu telah terdampar antara Malta dan pulau Sicily Italia sejak Minggu, ketika Penjaga Pantai Italia mengatakan kepada Aquarius untuk mempertahankan posisinya saat ini, menurut MSF.

Berbicara kepada stasiun radio publik Spanyol, RNE pada Senin pagi, Aloys Vimard, koordinator proyek di Aquarius, mengatakan pasokan makanan di kapal hanya akan bertahan satu hari lagi.

Nicola Stalla, koordinator pencarian dan penyelamatan di kapal, mengatakan kepada CNN bahwa skenario itu belum pernah terjadi sebelumnya.

“Kami belum pernah berada dalam situasi di mana kami telah ditolak haknya ke port keamanan,” katanya pada Senin melalui pesan dari WhatsApp. “Namun, kami siap untuk mengurus orang-orang yang diselamatkan sampai kita berada”.

Kecemasan tumbuh di antara penumpang pada Senin sore, disebutkan agen bola terpercaya yang bertanya kapan mereka akan tiba di pantai, menurut Anelise Borges, seorang wartawan Euronews dan NBC yang saat ini berada di papan Aquarius.

“Ada ketegangan tertentu di udara,” katanya kepada CNN. “Semua orang sangat panas dan sangat lelah.”

Banyak juga yang khawatir mereka bisa dikembalikan ke Libya. “Ketakutan sangat hadir, begitu gamblang,” kata Borges.

Dalam gambar yang diposting di Twitter oleh Borges, para wanita duduk dan berbaring di lantai di area tertutup di bawah penutup, satu mengipasi yang lain untuk melawan panas.

Tidak ada hujan atau serapan untuk migran di Aquarius, dan penyelamat menggunakan semprotan disinfektan di tangan orang-orang sebelum makan. Persediaan air minum tidak terbatas karena kapal memiliki sistem pemurnian airnya sendiri, tetapi penumpang selamat terutama dengan biskuit energi, nasi panas kemasan, teh dan roti.

Perempuan dan anak-anak tidur di bawah dek, diawasi oleh bidan, sementara laki-laki tidur di dek terbuka, ditutupi hanya dengan terpal.

Comments are closed.

Post Navigation