Serangkaian sistem rudal Cina muncul kembali di pulau yang disengketakan di Laut Cina Selatan, beberapa hari setelah citra satelit muncul menunjukkan bahwa mereka telah dipindahkan.

Penemuan awal penghilangannya dilakukan oleh ImageSat International (ISI) pada awal Juni, yang memberikan gambar yang menunjukkan pasir di mana sebelumnya telah ada sejumlah besar peluncur rudal.
Namun dalam analisis intelijen baru yang dirilis pada hari Senin, organisasi itu mengatakan senjata itu muncul kembali di Woody Island di rantai Paracel pulau. Dalam analisis awal dari penghapusan sistem rudal permukaan-ke-udara, ISI mengatakan bahwa mungkin mereka telah didistribusikan kembali ke pulau lain, atau dipindahkan sebagai bagian dari simulasi.
Ketika gambar asli dirilis, para ahli sangat skeptis bahwa peluncur telah dihapus secara permanen, menunjukkan bahwa mereka bisa dikirim untuk pemeliharaan sebagai gantinya.
“Karena efek korosif garam dan kelembaban di pulau-pulau, sistem rudal HQ-9 harus dihapus dan dikirim ke daratan untuk pemeliharaan berkala,” kata Timothy Heath, analis pertahanan senior di Rand Corporation. Penghilangan misterius itu terjadi pada saat ketegangan besar di Laut Cina Selatan, di tengah operasi AS yang intensif di daerah itu dan pendaratan pembom Cina di sebuah pulau yang disengketakan untuk pertama kalinya.
Ini adalah salah satu daerah paling kontroversial di dunia: Beijing mengklaim wilayah yang sangat luas di Laut Cina Selatan, tumpang tindih klaim dari Vietnam, Filipina dan Taiwan, antara lain. Untuk memperkuat klaimnya, pemerintah China telah mengklaim dan memarjinalkan sejumlah pulau di seluruh wilayah yang disengketakan, yang telah sering menimbulkan kecaman dari Amerika Serikat dan negara-negara lain di kawasan itu.
Kementerian Luar Negeri Cina belum mengomentari laporan bahwa mereka menarik peluncur rudal, tetapi pada konferensi pers hariannya pada 6 Juni, juru bicara Hua Chunying menyalahkan militerisasi yang semakin meningkat dengan Amerika Serikat.
“Bukankah militerisasi ketika Anda mengirim senjata ofensif seperti pengebom B-52 ke Laut Cina Selatan? … Jika seseorang sering melenturkan otot-otot mereka atau mengintai di sekitar rumah Anda, tidakkah seharusnya Anda meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan pertahanan Anda? “Kemampuan?” katanya.

Comments are closed.

Post Navigation